Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kabupaten Magelang
Lambang Kabupaten Magelang.jpg
Lambang Kabupaten Magelang
Locator kabupaten magelang.png
Peta lokasi Kabupaten Magelang
Koordinat : –
Motto Magelang Gemilang: Gemah Ripah Iman Cemerlang
Semboyan
Slogan pariwisata
Julukan
Demonim
Provinsi Jawa Tengah
Ibu kota Mungkid
Luas 1.085,73 km²
Penduduk
· Jumlah 1.144.000 (2003)
· Kepadatan 1.054 jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 21
· Desa/kelurahan
Dasar hukum UU No. 13/1950
Tanggal
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Bupati Ir. Singgih Sanyoto
Kode area telepon 0293
APBD {{{apbd}}}
DAU Rp. 329.065.000.000
Suku bangsa {{{suku bangsa}}}
Bahasa {{{bahasa}}}
Agama {{{agama}}}
Flora resmi {{{flora}}}
Fauna resmi {{{fauna}}}
Zona waktu {{{zona waktu}}}
Bandar udara {{{bandar udara}}}

Situs web resmi: http://www.magelangkab.go.id/

Kabupaten Magelang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kota kabupaten ini adalah Kota Mungkid yang terletak di Kecamatan Mungkid. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung di utara, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali di timur, Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di

barat.

Candi Borobudur, sebuah mahakarya peninggalan Dinasti Syailendra yang kini menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia, berada di wilayah Kabupaten Magelang.

Daftar isi

[sembunyikan]

// <![CDATA[
//

Geografi

Magelang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Boyolali terdapat Gunung Merbabu (3.141 meter dpl) dan Gunung Merapi (2.911 m dpl). Bagian barat (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo) terdapat Gunung Sumbing (3.371 m dpl). Di bagian barat daya terdapat rangkaian Bukit Menoreh. Bagian tengah mengalir Kali Progo beserta anak-anak sungainya menuju selatan. Di Kabupaten Magelang terdapat Kali Elo yang membelah dua wilayah ini. Pertemuan kembali kedua titik itu terletak di desa Progowati yang konon dahulu di tempat itu lebih banyak wanitanya dibanding pria.

Pembagian administratif

Kabupaten Magelang terdiri atas 21 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Mungkid.

Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang adalah sebagai berikut.

  1. Mungkid
  2. Muntilan
  3. Grabag
  4. Salam
  5. Salaman
  6. Ngluwar
  7. Tempuran
  8. Srumbung
  9. Borobudur
  10. Ngablak
  11. Bandongan
  12. Sawangan
  13. Secang
  14. Tegalrejo
  15. Mertoyudan
  16. Dukun
  17. Candimulyo
  18. Windusari
  19. Kajoran
  20. Kaliangkrik
  21. Pakis

Transportasi

Magelang berada di jalur strategis yang menguhubungkan dua ibu kota provinsi: SemarangYogyakarta. Mungkid, ibu kota kabupaten ini, berada sekitar 10 km sebelah selatan Kota Magelang. Mungkid dulunya adalah kota kecamatan yang kemudian dikembangkan menjadi ibu kota baru kabupaten ini, menggantikan Kota Magelang. Secang merupakan persimpangan jalan negara Semarang-Yogyakarta dengan jalan provinsi menuju Temanggung.

Dahulu Magelang dilalui jalur kereta api yang menghubungkan Semarang-Yogyakarta, bahkan merupakan salah satu jalur kereta api tertua di Indonesia. Namun sejak meletusnya Gunung Merapi, jalur tersebut rusak dan tidak difungsikan lagi.

Pariwisata

Candi Borobudur merupakan obyek wisata andalan Provinsi Jawa Tengah yang kini mendapat perlindungan dari UNESCO sebagai warisan dunia (World Heritage). Selain Borobudur, terdapat sejumlah candi di antaranya Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Ngawen, Candi Canggal, Candi Selogriyo, dan Candi Gunungsari.

Selain candi, Magelang memiliki obyek wisata alam, antara lain kawasan wisata Kopeng, Gardu Pandang Ketep juga air terjun Kedung Kayang kira-kira 5 km dari Ketep Pass, Gardu Pandang Babadan, Curug Silawe, Losari Coffee Plantation, pemandian air panas Candi Umbul dan air terjun Sekar Langit (di Kecamatan Grabag). Di samping itu Kali Progo dan Kali Elo juga sering digunakan untuk wisata arung jeram. Satu museum terletak di jalan antara Candi Mendut dan Borobudur, yaitu Museum Senirupa Haji Widayat.

Rupa-rupa

  • Makanan khas Magelang di antaranya gethuk trio, wajik salaman, tape ketan muntilan, kupat tahu, sop senerek, dan salak nglumut magelang’.
  • Wisata kuliner di daerah Borobudur adalah “Ayam Goreng Tulang Lunak HALALAN THOYYIBBAN” yang terletak di Jalan Letnan Tukiyat, tepatnya di dusun Banar.
  • Kesenian khas Magelang antara lain adalah kubro siswo, badui, dan jathilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: