BLNDT LRNG


Pengertian Blended Learning

Blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Blended Learning terdiri dari kata blended (kombinasi/ campuran) dan learning (belajar). Istilah lain yang sering digunakan adalah hybrid course (hybrid = campuran/kombinasi, course = mata kuliah). Makna asli sekaligus yang paling umum blended learning mengacu pada belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka (face to face = f2f) dan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline)
2.      Kelebihan blended learning , 
yaitu  :
– Pembelajaran terjadi secara mandiri dan konvensional, yang keduanya memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi.
–  Pembelajaran lebih efektif dan efisien
– Meningkatkan aksesbiltas. Dengan adanya blended learning maka peserta belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajaran.
– Proses belajar mengajar tidak hanya tatap muka, namun menambah waktu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dunia maya.
– Mempermudah dan mempercepat proses komunikasi non-stop antara pengajar dan siswa.     

3Kekurangan blended learning, yaitu :
– Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung.
– Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi
–  Blended learning masih sulit digunakan dalam mata pelajaran eksakta.
– Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet.
4. Perbedaan E-learning dan Blended Learning , yaitu:

            Seringkali banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan antara E-learning dan Blended learning karena keduanya melibatkan media online. Tapi dapat dipastikan keduanya berbeda dimana jika kita sebagai pelajar menggunakan e-learning maka kita tidak akan mendapatkan feedback pengajar sedangkan bila menggunakan Blended learning bukan saja mendapatkan feedback tetapi kita juga dapat mengadakan diskusi langsung sehingga kita dapat menjadi pelajar yang lebih aktif dan tentunya banyak manfaat lainnya yang kita dapatkan.
Persamaan e-learning dan blended learningadalah dilihat dari ICT- nya (Information, Communication, and Tecknology). Mengenai perbedaannya adalah kalau blended learning bersifat tatap muka dan memakai perlengkapan elektronik jaringan, sedangkan e-learning adalah distance learning (pembelajaran jarak jauh) disertai perlengkapan elektronik dan jaringan.

Dilihat dari makna kata, “blended” artinya campur/kombinasi. Jadi blended learning adalah mencampurkan atau mengkombinasikan antara konvensional kelas dan e-learning.
Blended learning ini meliputi beberapa komponen, diantaranya: multi acces learning, integrated learning, multimethod learning, hybrid learning, web, webinar, e-library, video call, teleconference, e-book, dan lain sebagainya.
e-learning disini memfokuskan pada perbedaan individual pada siswa secara psikologis, harus ada aspek psikologis pada siswa. Selain itu, aspek yang tidak ada pada e-learning dari teorinya Bloom adalah aspek afektif, maka dari itu di mix dengan blanded learning. Karena didalam blanded learning terdapat 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Pengertian Blended Learning:
“Blended Learning adalah metode pembelajaran yang merupakan gabungan dari belajar dengan tatap muka dan juga online.” Atau “Metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis dengan cara komputing atau kegiatan komputer atau program komputer.”
Perbedaan antara E-Learning dengan Blended Learning:
# E-Learning: Orang mengunduh materi pembelajaran kemudian diatur tanpa adanya interaksi, dengan kata lain, kita belajar sendiri. Hanya diberikan bahan secara online tapi belum tentu bahkan hampir minim kemungkinan bakalan ada feedback dari pemberi bahan.
# Blended Learning: Ada interaksi saat ada belajar online, jadi mudah untuk berdiskusi. Bahan online ada “tapi” disini pemberi bahan bIsA memberikan feedback secara langsung karena mereka bertemu secara virtual atau online.
Kelebihan dan Kekurangan Blended Learning:
Kelebihan:
1.       Hemat waktu, tempat, energi.
2.       Mudah mendapatkan referensi karena dapat membuka internet
Kekurangan:
1.       Tidak semua mahasiswa memiliki fasilitas.
2.       Susah mengungkapkan pendapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: