pasar uang dan valas


PERTANYAAN
1.    Elisya (10403241018)
a.    Apa yang dimaksud dengan keuntungan dua arah dalam pasar valuta asing?
b.    Dari berbagai jenis pasar valas, mana saja yang memiliki resiko tinggi?
c.    Apa contoh dari pasar spot?

Jawab :  Ikhsan Ashadi Subhan (09403241022)
a.    Yang dimaksud keuntungan 2 arah dalam pasar uang yaitu bahwa seseorang dapat mendapatkan keuntungan baik ketika market naik maupun market turun. Ketika market naik jka seseorang bertransaksi dalam pasar uang misalnya menjual uang yang dimiliki dengan harga diatas harga beli semula otomatis akan mendapatkan keuntungan. Hal ini juga bisa terjadi ketika market turun, seseorang masih dapat memperoleh keuntungan yaitu dengan menjual uangnya di pasar uang yang lain yang memiliki kurs jual yang lebih tinggi daripada kurs beli semula. Hal ini bisa terjadi karena kurs uang pasar valas yang satu dengan pasar valas yang lain bisa saja berbeda.
b.    Semua hal pasti mempunyai kelebihan dan ekkurangan masing-masing, hanya saja dalam aplikasinya kita harus memcermati apa yang sebaiknya kita gunakan terkait kebutuhan kita. Cara menagntisipasi kerugian dari spekulasi kita bermain di pasar valuta asing ialah dengan sistem kontrak terlebih dahulu yang disebut kontrak kurs forward, kontrak currency future.
c.    contoh transaksi spot yaitu pada tanggal 22 Desember 1996 seorang ayah membutuhkan US$ 10.000 untuk uang saku anaknya yang akan sekolah diluar negeri. maka seorang ayah tersebut dapat menghubungi bank-bank devisa atau money changer untuk dapat mengetahui dan membuat kesepakatan selling price pada tanggal tersebut. Apabila telah tercapai kesepakatan selling price pada tanggal 22 Desember 1996 adalah US$1 = Rp 5.500 maka perhitungannya:

Jumlah Rupiah yang dibutuhkan = US$ yang dibutuhkan x selling price
= US$ 10.000 x Rp 5.500,-
= Rp 55.000.000,-
maka untuk mendapatkan US$ 10.000 diperlukan Rp 55.000.000,- yang harus diserahkan paling lambat tanggal 24 Desember 2004 (2 x 24 jam atau t +2).

2.    Erisya hanifati (10403241023)
Fungsi pasar valuta asing salah satunya  adalah mengurangi resiko valas, apa saja yang termasuk dalam resiko valas, kemudian bagaimana cara mengurangi resiko yang ada?

Jawab : Pinesthy Putri Hartoyo (09403241013)
Resiko valuta asing terdiri dari resiko kurs pertukaran (exchange rate risk) dan risiko negara asal. Resiko kurs pertukaran timbul sebagai akibat dari adanya naik-turunya nilai tukar atau kurs valas. Sedangkan risiko Negara asal timbul adanya campur tangan pemerintah yang mata uangnya diperdagangkan di pasar valuta asing contohnya intervensi bank sentral dengna menaikkan suku bunga, melepas obligais pemerintah, pembelian valuta asing secara besar-besaran oleh pemerintah. Hal ini merupakan resiko yang dihadapi dalam valas. Maka dari itu, cara yang dapat digunakan dalam mengurangi resiko pertukaran valas dalam perdagangan yaitu dengan menggunakan system pasar fordward,di mana terjadi kesepakatan di awal transaksi pertukarang mata uang di waktu yang akan dating yang telah ditentukan. Sehingga resiko yang dimungkinkan terjadi dapat ditekan.

3.    Dwi Marlina  W (10403241009)
a.    Siapa pihak yang menetapkan kurs mata uang suatu Negara?
b.    Kurs mata uang Negara mana yang banyak memepengaruhi kurs mata uang Negara lain?

Jawab    :  Indri Bunga Pertiwi    (09403241007)
a.    Kurs mata uang suatu Negara ditetapkan oleh pasar yang mana dipengaruhi oleh banyaknya jumlah permintaan dan penawaran. Semakin banyak Negara-negara yang menggunakan suatu mata uang dalam transasksi perdagangan maka nilai kurs mata uang Negara tersebut akan tinggi.
b.    Kurs mata uang yang berada dalam golongan Negara-negara yang kuat seperti; Dolar Amerika, Poundstreling, Euro, mata uang negara Prancis.

4.    Diah Putriani (10403241032)
a.    Apa saja syarat menjadi pelaku pasar uang?
b.    Bagaimana mekanisme transaksi dalam pasar uang?

Jawab :  Irfan Dwi Jayanto (09403241016)
a.    Syarat menjadi pelaku pasar uang sangat mudah dari pada syarat menjadi pelaku pasar valuta asing, yang dibutuhkan hanyalah kepemilkan kita terhadap uang untuk mendapatkan instrumen-instrumen dari pasar uang tersebut
b.    Mekanisme transaksinya ialah apabila pihak yang kelebihan dana bertemu denganpihak yang memerlukan dana dan mereka pun saling bertransaksi. Bisa menggunakan bantuan pihak ketiga ataupun tanpa bantuan pihak ketiga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: