PENENTUAN KBM


Penentuan KBM
Ani W

Pendahuluan
Kegiatan pokok yang akan dilakukan oleh guru dan murid perlu ditentukan setelah menentukan metode mengajar
Kegiatan merupakan refleksi dari implementasi metode yang direncanakan
Penggunaan metode dalam praktiknya merupakan kombinasi dari beberapa, tidak hanya satu metode saja
Kegiatan hendaknya mengacu pada aktivitas belajar peserta didik, bukan pada guru
Fungsi guru merupakan fasilitator, pembimbing, motivator
KBM
Kegiatan hendaknya dirancang dan dinyatakan secara spesifik untuk masing-masing pertemuan
Kegiatan dilakukan oleh peserta didik secara berurutan sehingga cocok dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
Kegiatan berorientasi pada perkembangan baik kognitif, psikomotor dan afektif

KBM
Teknik pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kecakapan kognitif misalnya Mnemonic (jembatan keledai)
Teknik pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan psikomotor misalnya dengan drill and practice: berlatih dan mempraktikkan
Teknik pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan nilai/afektif misalnya teknik indoktrinasi yang dilakukan dengan brainwashing, fanatisme dan penanaman doktrin
KBM
Dibagi dalam tiga langkah: pendahuluan, inti dan penutup
Kegiatan pendahuluan berisi mengenai usaha guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik untuk belajar dalam rangka mencapai kompetensinya
Kegiatan inti berupa aktivitas peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi yang telah ditentukan
Kegiatan penutup berupa penyampaian garis besar yang dipelajari untuk mencapai kompetensi beserta pengecekan pemahaman apa yang talah dipelajari
Kegiatan pendahuluan
Guru menyiapkan bahan dan peralatan
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan arti penting kompetensi dan tujuan
Guru melakukan apersepsi untuk mengarahkan perhatian peserta didik
Kegiatan inti
Guru menjelaskan prosedur pembelajaran, teknik dan ,metode yang akan digunakan
Guru melaksanakan pembelajaran dengan fokus kegiatan ada pada peserta didik sehingga active learning dapat dicapai
Peserta didik melakukan kegiatan belajar sesuai instruksi dari guru
Peserta didik melakukan kegiatan tanya jawab untuk memperjelas hal-hal yang masih belum dipahami
Kegiatan penutup
Guru bersama peserta didik menyimpulkan dan menyampaikan garis besar apa yang telah dipelajari
Guru memberikan evaluasi baik evaluasi proses maupun evaluasi hasil
Guru memberikan pekerjaan rumah
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: