EVALUASI


PENENTUAN EVALUASI
12nd
Konsep Evalusai
Evaluasi: pengukuran ketercapaian program pembelajaran
Evaluasi dilakukan pada akhir atau dalam proses pembelajaran
Evaluasi akhir: summative, evaluasi proses: formative
Evaluasi proses: assessment

Penilaian
kegiatan yang harus dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkat pencapaian materi yang diberikan dalam kegiatan belajar mengajar
sebagai dasar dalam penentuan tujuan pembelajaran
dilakukan dalam rangka memberikan feedback dan feed forward

Keputusan guru

keputusan tentang belajar (decisions about learning) dalam hal ini menyangkut siswa

keputusan tentang mengajar (decisions about teaching) dalam hal ini menyangkut guru
Penilaian dalam KBK
Dalam KBK dikenal Penilaian Berbasis Kelas
Meliputi proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi belajar siswa yang diperoleh melalui pengukuran untuk menganalisis atau menjelaskan unjuk kerja atau prestasi siswa.
Penilaian dalam KBK
Penilaian menggunakan acuan kriteria. Dengan konsep authentic assessment.
Penilaian otentik: proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kompetensi telah tercapai.
Ciri penilaian Kelas
1. Belajar tuntas
2. Otentik
3. Berkesinambungan
4. Berdasarkan acuan kriteria / patokan
5. Menggunakan berbagai cara & alat penilaian

Rambu-rambu penilaian kelas
Validitas, berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Dalam menyusun soal sebagai alat penilaian perlu memperhatikan kompetensi yang diukur, dan menggunakan bahasa yang tidak mengandung makna ganda.

Rambu-rambu penilaian kelas
Reliabilitas berkaitan dengan konsistensi (keajegan) hasil penilaian. Penilaian yang reliable (ajeg) memungkinkan perbandingan yang reliable dan menjamin konsistensi.
Terfokus pada kompetensi, penilaian harus terfokus pada pencapaian kompetensi (rangkaian kemampuan), bukan hanya pada penguasaan materi (pengetahuan)
Rambu-rambu penilaian kelas
Keseluruhan/Komprehensif . Penilaian harus menyeluruh dengan menggunakan beragam cara dan alat untuk menilai beragam kompetensi atau kemampuan peserta didik, sehingga tergambar profil kemampuan peserta didik.

Rambu-rambu penilaian kelas
Objektivitas . Penilaian harus dilaksanakan secara obyektif. Untuk itu, penilaian harus adil, terencana, berkesinambungan, dan menerapkan kriteria yang jelas dalam pemberian skor.
Mendidik . Penilaian dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran bagi guru dan meningkatkan kualitas belajar bagi peserta didik

Bentuk Penilaian
Tes:
Tes tertulis: essay dan multiple choice
Tes Lisan
Non Tes:
Wawancara
Observasi
Angket
Teknik Penilaian dalam KTSP
penilaian unjuk kerja
penilaian sikap
penilaian tertulis
penilaian proyek
penilaian produk
penggunaan portofolio
penilaian diri.

Langkah-langkah Penilaian
Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Penetapan Teknik Penilaian
Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator : ukuran, karakteristik, ciri-ciri, perbuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar
Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi
Penetapan Teknik Penilaian
Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.
Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek.

Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: