Sang Penipu Cantik via facebook


Wajahnya lumayan cantik. Kalau memburu mangsa ia berlagak sopan. Itulah Selly Yustiawati, penipu cantik yang selalu lolos sejak 2006. Ia sering memakai Facebook untuk mencari mangsa. Dulu, Selly selalu keluar masuk sebuah perusahaan. Targetnya adalah para karyawan dengan modus menawarkan bisnis pulsa murah atau butuh uang karena kepepet. Dengan bujuk rayu dan wajah cantik, korban pun berjatuhan. Sejak menipu karyawan Hotel Gran Mahakam dan Kompas Gramedia pada 2009, belum ketahuan lagi perusahaan lain yang ditipu Selly. Korban baru yang berjatuhan malah melalui jaringan pertemanan Facebook. Seperti dikisahkan NB, keluarga mereka ditipu Rp 4,6 juta. Tidak besar
memang, namun mengingat pelaku adalah Selly, kemungkinan masih banyak lagi keluarga lain yang ditipu dengan cara yang sama. Keluarga NB kenal dengan Selly lewat Facebook.

“Dia mengaku namanya Eyy, kenalan adik kami dari Facebook. Dia main ke rumah dan mengaku sebagai wartawati Kompas. Karena dia sopan, kami percaya saja,” kata NB saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2010).

Selly memakai ransel dengan logo Kompas, sehingga mereka percaya Selly wartawan sungguhan. Selly alias Eyy sangat ramah dan mempesona. Ketika dia menawarkan bisnis pulsa murah, semua orang tertarik. Selly pun menawarkan Blackberry dengan harga miring. Setelah mempengaruhi para korban, Selly pun meminta mereka mentransfer uang ke Bank Mandiri.

“Setelah kita transfer uang, ada yang menelepon entah siapa. Dia mengatakan
hati-hati dengan Selly dia penipu. Dia lagi dicari polisi,” kata NB lagi. NB lalu mengecek nama Selly di situs pencarian. Lalu terungkaplah sepak terjang Selly sebagai penipu kawakan. Namun terlambat, uang sudah dikirimkan. Ponsel Selly tidak bisa dihubungi.

Saat dicari dalam jejaring Facebook, dia menghapus dirinya dari semua jaringan pertemanan terkait dengan keluarga NB. Seperti dikatakan AT, adik NB, Selly lalu melenyapkan diri dari Facebook untuk menutup jejaknya.

“Semua teman yang kenal di-remove, mungkin dia ganti nama. Di Facebook dia nggak pernah pakai nama asli. Dia pakai nama seperti Panggil Aku Eyy, Aksel Namaku dan Wanita di Titik Nol,” kata AT.

Sumber Ini

2 Komentar »

  1. ipank Said:

    woh ayune glem aq


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: